Pentingnya Kualitas Tidur

Pentingnya Kualitas Tidur

Pernahkan kalian tidur hanya sekitar 3 atau 4 jam, tapi tubuh rasanya bugar dan tidak merasa mengantuk sama sekali. Kalau itu yang kalian alami, artinya tidur kalian sangatlah berkualitas.

Atau pernahkah kalian terbangun di pagi hari tapi tidak merasakan tubuh segar dan siap beraktivitas? Malahan merasa ngantuk sekali seakan-akan tidak tidur semalaman, padahal sudah tidur lebih dari 8 jam. Itu artinya kualitas tidur kalian sangatlah buruk, walaupun secara kuantitas tidur sudah cukup.

Kuantitas tidur tidak dapat menjamin kesegaran tubuh kalian di pagi hari. Karena itu sangat penting mencari tahu apa yang menyebabkan kualitas tidur kalian menjadi buruk. Berikut ini beberapa hal yang dapat menyebabkan kualitas tidur menurun.

  1. Banyaknya Beban Pikiran

Tidak dapat dipungkiri bahwa kejadian dan emosi yang kita alami pada saat kita terjaga, sangatlah mempengaruhi alam bawah sadar kita. Bila kita mengalami kejadian yang tidak mengenakkan selama hari itu, bagi sebagian orang akan berpengaruh pada saat tidur seperti mengalami perasaan gelisah, jantung berdebar-debar, sekalipun kita benar-benar tertidur pada malam harinya.

  1. Aktif Bermimpi

Pada saat kita bermimpi, sebenarnya tubuh tidak benar-benar beristirahat. Malah sebaliknya, otak kita pun bekerja dengan normal seperti saat kita sedang terbangun. Pada saat mimpi itu, kita mengalami yang disebut tidur REM (Rapid Eye Movement), seringkali terlihat dengan bola mata kita yang bergerak aktif, walaupun kita sedang terpejam. Sebagian orang sering mengalami mimpi pada saat tidur, sehingga tidak heran bila mereka merasa lelah setelah bangun pagi walaupun telah tidur sepanjang malam, disebabkan otak yang masih aktif pada saat tidur REM/mimpi semalam.

Rapid Eye Movement
  1. Mengorok saat Tidur

Banyak orang mengorok pada saat tidur, dan menganggap hal tersebut biasa saja. Padahal mengorok saat tidur dapat menjadi sangat berbahaya, bahkan dapat menyebabkan kematian. Karena pada saat mengorok, saluran napas dari hidung ke tenggorokan tidak lancar, dan hal ini dapat disebabkan berbagai hal. Akibat saluran hidung ke tenggorokan yang tersumbat itulah sehingga mereka pun bernapas melalui mulut dan menyebabkan bunyi mengorok. Hal yang berbahaya adalah apabila mereka tersedak pada saat mengorok, dan inilah yang dapat menyebabkan kematian. Orang yang mengorok dan bernapas melalui mulut akan menyebabkan mulut menjadi kering, kehausan dan kelelahan, sehingga wajar sekali bila orang yang mengorok tidak merasa segar saat bangun di pagi hari.

Cobalah untuk mengatasi penyebab kualitas tidur kalian menurun berdasarkan penyebab-penyebab di atas. Percayalah bangun di pagi hari dengan tubuh yang segar akan membuat kita semangat menjalani hari.

Leave a Reply