Jalani Hidup Dengan Passion

Jalani Hidup Dengan Passion

Pernahkah kalian mendengar quote di atas? Kenyataannya memang kita sebagai manusia, hanya dapat hidup sekali. Pesannya adalah kita sebaiknya menjalani hidup dengan passion, penuh semangat, dan tanpa penyesalan.

Kenapa begitu ya, memangnya apa yang salah dari menjalani hidup seperti apa adanya sekarang?

Untuk menjawab pertanyaan di atas, cobalah kalian menyempatkan waktu merenung atas apa yang sudah terjadi pada hidup kalian selama ini. Apakah saat ini kalian menjalani hidup dengan rutinitas seakan-akan seperti robot? Apakah kalian menjalani aktivitas sehari-hari yang memang kalian sukai? Apakah kalian merasa hidup ini hampa? Apabila mayoritas jawaban dari pertanyaan-pertanyaan di atas adalah tidak, berarti Anda sudah berada di jalur yang benar. Tapi bila ya, berarti ada yang perlu dibenahi dalam hidup kalian.

Ok, tapi apakah semudah itu menemukan passion? Menjalani hidup kita sehari-hari dengan selalu bersemangat? Atau tidak merasakan penyesalan atas perbuatan atau kejadian masa lalu? Mudah atau tidak, itu tergantung dari cara pandang kita melihat segala sesuatu. Apabila ada keinginan, maka disitu ada jalan. Kita sebenarnya dapat memulainya dengan menjadi diri sendiri. Ya, menjadi diri sendiri dalam artinya kita tidak mengikuti standar orang lain, kita tidak membandingkan posisi atau pencapaian kita dengan orang lain, tapi kita menjalani segala sesuatu berdasarkan hal-hal yang kita sukai, hal-hal yang menginsipirasi kita.

Karena hidup hanya sekali, hal inilah yang mendasari itu semua. Tapi walaupun seandainya kita dapat hidup berkali-kali, tentu rasanya sayang sekali bila kita membuang-buang waktu dengan menjalaninya tanpa passion, semangat dan akhirnya berakhir dengan selalu menyesal atas apa yang sudah terjadi di masa lalu. Hal ini juga dapat terjadi pada saat kita menjalani aktivitas atau pekerjaan yang tidak kita sukai, akan terasa sangat berat sehingga akan berpengaruh ke mental kita. Otomatis akan berpengaruh dengan produktivitas kita, bahkan dapat mempengaruhi kesehatan kita. Apa yang dirasakan jiwa dan raga kita dapat berpengaruh ke tubuh jasmani kita. Walaupun mungkin tidur kita cukup, tapi tubuh terasa lesu, dan mudah lelah.

Jadi ayo kita mulai benah-benah cara kita menjalani hidup mulai sekarang. Cobalah untuk mencari tahu apa yang kita sukai dimana kita merasa senang melakukannya tanpa beban dan paksaan. Mulailah dari hal-hal kecil, seperti misalnya bila kalian sebenarnya suka menggambar, tapi tidak ada waktu karena sibuk dengan sekolah atau pekerjaan, cobalah luangkan waktu 2 atau 3 hari sekali untuk menggambar. Untuk yang sudah bekerja, mungkin bisa ambil cuti lalu luangkan waktu untuk melakukan hal yang kalian sukai, entah itu jalan-jalan ke mall, staycation, ke taman rekreasi, nonton di bioskop, apapun, dan isilah jiwa kalian dengan perasaan senang saat menjalani aktivitas yang kalian sukai.

Kalian juga dapat memulai dengan lebih menghargai diri kalian. Bisa dengan memberikan hadiah ke diri sendiri, seperti membeli baju baru, sepatu baru, atau lainnya. Bukan berarti lalu kita menjadi boros dengan menghabiskan semua pendapatan kita, tapi sekali-kali alokasikan-lah dana untuk memanjakan diri kalian sendiri. Terkadang kita sangat berpegang dengan prinsip “Hemat pangkal kaya” sehingga akhirnya kita pun benar-benar perhitungan dalam membeli sesuatu, lebih memilih membeli barang yang paling murah kualitas rendah daripada barang dengan kualitas tinggi yang harganya mungkin lebih mahal.

Sebelum mulai menyayangi orang lain, sayangilah diri kalian sendiri terlebih dahulu. Seringkali kita tidak menyadari bahwa kita lebih mudah menyayangi orang lain daripada diri sendiri. Pada saat kita melakukan kesalahan, yang paling sering dilakukan adalah menyalahkan diri sendiri dan tanpa kita sadari kita telah kecewa dengan diri kita sendiri. Karena hidup hanya sekali, jalanilah dengan passion, semangat, sehingga masalah yang terjadi dalam hidup kalian pun akan terlihat sebagai tantangan dan bukan beban. Kita tidak pernah tahu kapan kita akan pergi dari dunia ini, jalanilah hidup seakan-akan hari ini adalah hari terakhir kita di dunia. Live your life with passion.

Leave a Reply