Menata Hidup

Menata Hidup

Pernahkah kalian memikirkan perjalanan hidup kalian selama ini di dunia? Apakah ada momen yang ingin kalian perbaiki seandainya bisa kembali ke masa lalu?

Setiap manusia pasti pernah mengalami yang namanya penyesalan, tergantung sampai segimana penyesalan itu mempengaruhi diri kalian dan perjalanan hidup kalian ke depannya. Sebut saja Pak Budi seorang paruh baya di usia 55, menjadi karyawan swasta selama hidupnya dan baru pensiun. Dia mempunyai penyesalan terdalam mengenai keinginan untuk memulai usaha kuliner yang tidak kunjung diwujudkan karena takut bangkrut. Hingga akhirnya sekarang dengan usianya yang tidak lagi muda, memulai sesuatu pun menjadi tantangan yang sangat besar. Apakah dia harus menggunakan uang pensiunnya untuk memulai usaha? Bagaimana kalau sampai bangkrut? Bukan menikmati masa tua tapi malah harus hemat untuk membiayai hidupnya, belum lagi apabila harus membayar hutang. Pikiran-pikiran seperti itulah yang membuat dia tidak berani melangkah untuk mengejar impiannya menjadi pengusaha kuliner. Sehingga dia pun memilih untuk diam di rumah dan menikmati masa pensiunnya dengan keinginan menjadi pengusaha kuliner yang dia pendam dalam-dalam. Tapi sebenarnya keinginan yang tidak terwujud itupun mempengaruhi dia secara tidak sadar. Apalagi dalam keadaan pensiun, tidak banyak kegiatan sehingga penyesalan karena keinginannya yang tidak terwujud pun menggerogoti dirinya setiap hari.

Bila bercermin dengan pengalaman hidup Pak Budi di atas, apakah kalian akan memilih langkah seperti Pak Budi yang tidak berani mengambil risiko atau terus berusaha mewujudkan keinginan yang terpendam walaupun usia sudah tidak lagi muda? Apabila kalian merasa penting untuk terus berusaha mewujudkan keinginan dalam hidup, maka artikel ini tepat untuk kalian.

Keinginan yang kalian miliki dapat terwujud apabila kalian menata hidup ke arah yang diinginkan. Tentunya perlu usaha untuk dapat mengubah kebiasaan yang sudah rutin dilakukan selama bertahun-tahun. Banyak orang yang mengatakan ingin memulai sesuatu yang baru, tapi tidak juga memulai tindakan apapun. Hal ini karena mereka cenderung menunggu kesempatan atau momen untuk mereka memulai sesuatu yang baru. Padahal kesempatan atau momen itu yang seharusnya dicari dan dibuat menjadi nyata. Mulailah dengan mencari waktu dan kesempatan dari aktivitas rutin kalian selama ini. Hal yang dilakukan sedikit demi sedikit pasti akan terlihat hasilnya asal kita konsisten dan persisten dalam menjalankan sesuatu yang baru tersebut. Setelah kalian mulai beradaptasi dengan perubahan yang terjadi, mulailah secara bertahap untuk meluangkan waktu lebih banyak lagi. Lama kelamaan kalian akan mulai merasakan hasilnya, entah itu dalam bentuk uang kalau keinginan kalian adalah memulai usaha, atau dalam bentuk apresiasi apabila keinginan kalian adalah berkreasi di bidang seni.

Apapun keinginan kalian, penting juga untuk menetapkan tujuan yang ingin kalian capai. Sehingga setiap usaha yang kalian curahkan untuk mewujudkan kalian itu dilakukan demi mencapai tujuan tersebut. Hal yang juga penting adalah menikmati setiap proses dalam mencapai tujuan tersebut. Karena apabila kalian tidak menikmati prosesnya, dan malah merasa terbebani dengan proses tersebut, berarti ada yang salah. Cobalah untuk membuat target review setiap beberapa bulan sekali. Apakah yang kalian lakukan sudah menuju ke arah yang benar yaitu untuk mewujudkan kenginan kalian tersebut, atau malah melenceng? Terkadang minta bantuan orang terdekat untuk memberi masukan juga dapat membantu kalian untuk melihat hal-hal yang tidak kalian sadari. Tapi pilihlah orang terdekat yang cenderung mendukung tujuan kalian, karena kalau orang terdekat tersebut malah tidak mendukung, kalian akan banyak mendengar komentar negatif dan itu malah akan membuat kalian menjadi down dan meninggalkan segala usaha yang sudah kalian curahkan untuk mewujudkan keinginan kalian tersebut.

Manusia adalah makhluk tertinggi ciptaan Tuhan YME, kita dibekali dengan akal dan kemampuan untuk berkreasi dan berkarya. Hanya tinggal kita mau atau tidak untuk terus berusaha, belajar, dan memperkaya diri dengan ilmu-ilmu sesuai bidang yang kalian sukai untuk menunjang dalam mengejar tujuan yang kalian inginkan. Percayalah pada saat kalian berusaha dan mencurahkan segala tenaga, waktu, usaha, pikiran untuk mengejar tujuan dalam hidup, seluruh alam semesta akan membantu kalian untuk meraihnya. Seperti kutipan dari Paolo Coelho di bawah ini :

“Saat kamu menginginkan sesuatu, seluruh alam semesta akan bersatu membantumu meraihnya.”

– Paolo Coelho –

Leave a Reply